Langsung ke konten utama

SOAL DAN JAWABAN LATIHAN SOAL PERTEMUAN 12



bapak/Ibu berikut jawaban latihan soal pertemuan ke-12.
Mohon dibaca dan dicermati 
terimakasih.
Latihan soal 1:
PILIHAN GANDA
Yang tidak merupakan pertimbangan langsung bila mempertimbangkan keputusan untuk terjun ke dunia internasional adalah...
a.    Permintaan internasional
b.    Nilai tukar
c.    Iklim bisnis luarnegeri
d.    Kemudahan modifikasi produk
e.    Ketersediaan pengetahuan dan keahlian
Silahkan saudara jawab disertai dengan alasanya!
Jawab:
(B) nilai tukar. Ketika memutuskan untuk “go internasional atau tidak, perusahaan harus mempertimbangkan banyak hal.
Pertama kali ia harus yakin bahwa ada permintaan internasional akan produknya (a). Jika ada permintaan tersebut, perusahaan hendaknya memutuskan seberapa baiknya mengadaptasikan produk  untuk konsumsi internasional (d). Iklim bisnis asing (c) Harus selalu dipertimbangkan, dan perusahaan harus menentukan apakah ia memiliki pengetahuan dan keahlian untuk melakukan bisnis di luar negeri (e) .
Nilai tukar (b), yang sering berubah bukan merupakan pertimbangan langsung untuk memutuskan “go internasional atau tidak.

Latihan soal 2
PILIHAN GANDA
Bentuk struktur organisasi internasional yang paling rumit meliputi bidang....
a.    Investasi langsung diluarnegeri
b.    Agen independen
c.    Pengaturan pemberian lisensi
d.    Kantor cabang
e.    Divisi internasional
Silahkan saudara jawab disertai dengan alasanya!
Jawab:
(a)Investasi langsung di luar negeri. Karena investasi langsung di luar negeri (a) sesungguhnya mencakup membeli atau membangun aktiva berwujud di negara lain, hal ini merupakan bentuk struktur internasional yang paling rumit; perusahaan melakukan investasi waktu dan sumber daya yang signifikan.
Agen independent (b) individu atau organisasi asing yang sepakat untuk mewakili kepentingan eksportir di negara tuan rumah mencerminkan bentuk paling sederhana. Pengaturan pembelian lisensi (c) yang denganya perusahaan memberikan individu atau perusahaan hak eklusif untuk membuat atau memasarkan produk mereka di negara lain, merupakan satu komitmen yang lebih rumit. Bahkan yang lebih rumit adalah kantor cabang (d) yang kepadanya sebuah perusahaan mengirimkan beberapa dari manajernya untuk mengawasi operasi di luar negeri. Akhirnya, menetapkan satu divisi internasional di negara lain (e) umumnya bukan merupakan langkah yang sama signifikanya dengan investasi langsung di luar negeri.

Latihan soal 3
Sebagai tingkat keterlibatan internasional yang relatif rendah, impor daan ekspor merupakan strategi masuk yang unggul bagi perusahaan yang meluncurkan aktivitas internasional. BENAR/SALAH.
Silahkan saudara jawab disertai dengan alasanya!
Jawab:
Benar. Tingkat keterlibatan internasional adalah impor dan ekspor. Eksportir membuat produk di satu negara dan menjualnya kenegara lain; importir membeli produk di pasar asing dan menjualnya kembali secara domestik. Maka dalam kedua kasus ini, kebanyakan bisnis dilakukan dinegara asal.

Latihan Soal 4
PILIHAN GANDA
Yang tidak berfungsi sebagai hambatan bagi perdagangan internasional adalah...
a.    Perbedaan sosial
b.    Perbedaan budaya
c.    Perbedaan ekonomi
d.    Perbedaan politik
e.    Perbedaan transportasi
Silahkan saudara jawab disertai alasanya!
Jawab:
(e)perbedaan transportasi.
Hambatan sosial (a) dan budaya (b), berkisar dari perbedaan-perbedaan dalam bahasa selera makanan dan pakaian, keduanya muncul dari perbedaan budaya. Hambatan ekonomi (c) bisa disebabkan karena kondisi ekonomi atau peran yang dimainkan oleh pemerintah dalam aktifitas bisnis negara. Perbedaan politis (d) bisa juga berasal dari peran pemerintah yang dapat menghambat aktivitas internasional dengan mengendalikan arus modal, menyita properti, atau mengenakan pajak. Dibandingkan dengan masalah ini, perbedaan transportasi (e) merupakan hambatan kecil bagi keterlibatan internasional.





Latihan Soal 5
PILIHAN GANDA
Yang bukan hambatan legal bagi perdagangan internasional adalah...
a.    Kuota dan tarif
b.    Parameter nilai tukar
c.    Hukum lokal
d.    Undang-undang bisnis
e.    subsidi
silahkan saudara jawab disertai alasanya!
Jawab:
(b)parameter nilai tukar. Kuota (batasan jumlah produk yang dapat memasuki sebuah negara) dan tarif (pajak atas impor) (a) sebaliknya mempengaruhi perdagangan karena mempengaruhi harga dan ketersediaan produk buatan luar negeri. Ini berlaku juga untuk undang-undang muatan lokal (c), yang menuntut bahwa produk-produk luar negeri sebagian harus dibuat secara domestik. Sama halnya, praktik bisnis (d) menimbulkan hambatan birokratik bagi kegiatan bisnis lokal oleh perusahaan asing. Subsidi (e), pembayaran pemerintah untuk membantu bisnis domestik bersaing dengan perusahaan asing. Memiliki efek yang sama seperti tarif karena menurunkan harga produk domestik. Parameter nilai tukar (b) merupakan faktor ekonomi, bukan kondisi hukum.

Latihan soal 6
Proteksionisme merujuk pada praktik merekrut preman setempat untuk melindungi perusahaan asing dari pesaing lokal. BENAR/SALAH.
Silahkan saudara jawab disertai alasanya.
Jawab:
SALAH
Proteksionisme merujuk pada proteksi bisnis domestik, dan bukanya bisnis internasional. Itu merupakan praktik yang melindungi bisnis doestik dengan biaya persaingan pasar bebas dapat menjadi sumber perpecahan antar negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FILSAFAT MANAJEMEN

FILSAFAT MANAJEMEN Pengertian Filsafat Manajemen Filsafat Manajemen adalah bagian yang paling penting dari pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar yang luas untuk menetapkan pemecahan permasalahan manajerial. Filsafat manajemen memberikan dasar bagi pekerjaan seorang manajer. Seorang manajer memerlukan kepercayaan dan nilai pokok untuk memberi petunjuk yang sesuai dan dapat dipercaya guna menyelesaikan pekerjaan. Filsafat manajemen juga memberikan desain sehingga seorang manajer dapat mulai berpikir. Filsafat manajemen sangat berguna karena dapat dimanfaatkan untuk memperoleh bantuan dan pengikut.

Manajemen Waktu

Pengertian Manajemen Waktu  Manajemen waktu adalah perencanaan, proses atau tindakan yang telah ditentukan secara sadar untuk melakukan suatu kegiatan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan sumber daya secara efektif, efisien dan produktif. Manajemen Waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas terhadap waktu. Berikut definisi dan pengertian manajemen waktu dari beberapa sumber buku: Menurut Atkinson (1994), manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seseorang yang dilakukan secara terencana agar individu dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya. Menurut Haynes (1994), manajemen waktu adalah suatu proses pribadi dengan memanfaatkan analisis dan perencanaan dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.  Menurut Forsyth (2009), manajemen waktu adalah cara bagaimana membuat waktu menjadi terkendali sehingga menjamin terciptanya