Langsung ke konten utama

SOAL MK-PEREKONOMIAN INDONESIA R.532


Jawablah soal di bawah ini dengan benar!
  1. Globalisasi yang ditandai dengan semakin berkembang pesatnya IPTEK, Masyarakat  Ekonomi ASEAN (MEA) yang merupakan sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antar negara ASEAN menjadi suatu keniscahyaan. Perubahan dari masyarakat informasi menjadi era pengetahuan juga berlangsung sangat cepat, powerfull dan nyata. Oleh karena itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan kompetitif sangat diperlukan agar mampu bersaing. Selain itu, kebijakan pemerintah juga harus relevan dan aplikatif. Silahkan saudara jelaskan kebijakan apa yang seharusnya dikeluarkan pemerintah terkait perdagangan internasional!
  2. Badan usaha milik negara (BUMN) menyediakan barang dan jasa yang berkaitan dengan kepentingan rakyat. Badan usaha ini dikelola oleh pemerintah. Pemerintah bertanggung jawab secara penuh atas perkembangan BUMN. Meskipun dalam pengelolaan BUMN sudah menerapkan tata kelola korporasi yang baik (Good Corporate Governance/GCG), BUMN juga memiliki berbagai kebaikan dan kelemahan. (a) Silahkan saudara jelaskan apa kebaikan dan kelemahan BUMN dalam perekonomian indonesia! (b) Jelaskan peranan BUMN dalam perekonomian nasional dan peranan BUMN bagi masyarakat! 
  3. Pemberian upah yang layak, baik, benar dan tepat sesuai dengan standar normatif yang ada akan mendorong SDM memperoleh kesejahteraan dan terciptanya kepuasan kerja. Ketika SDM memiliki kepuasan kerja maka SDM akan termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga produktivitas meningkat dan perusahaan mampu menghasilkan produk yang kompetitif. Maka akan berdampak kelangsungan hidup perusahaan, bahkan mampu meningkatkan profitabilitas dan mengembangkan usahanya. Secara singkat dapat dikatakan bahwa sistem upah yang layak memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja SDM dalam perusahaan. Silahkan saudara jelaskan indikator apa saja yang dapat dijadikan pertimbangan dalam pemberian upah! 
  4. Indonesia sebagai negara kepulauan (Nusantara) memiliki ciri-ciri khusus, yang berbeda dengan negara tetangga ASEAN, bahkan berbeda dengan negara-negara lain di dunia sehingga perekonomiannya memiliki karakteristik sendiri. Silahkan saudara jelaskan dilengkapi contoh konkrit faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik perekonomian indonesia! 
  5. Indonesia sebagai negara hukum, segala macam kebijakan tidak boleh menyimpang dari konstitusi (hukum dasar) yang ada. Silahkan saudara jelaskan mengenai pasal 27 ayat 2, pasal 33 UUD 1945, dan pasal 34!

--Selamat Mengerjakan--

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FILSAFAT MANAJEMEN

FILSAFAT MANAJEMEN Pengertian Filsafat Manajemen Filsafat Manajemen adalah bagian yang paling penting dari pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar yang luas untuk menetapkan pemecahan permasalahan manajerial. Filsafat manajemen memberikan dasar bagi pekerjaan seorang manajer. Seorang manajer memerlukan kepercayaan dan nilai pokok untuk memberi petunjuk yang sesuai dan dapat dipercaya guna menyelesaikan pekerjaan. Filsafat manajemen juga memberikan desain sehingga seorang manajer dapat mulai berpikir. Filsafat manajemen sangat berguna karena dapat dimanfaatkan untuk memperoleh bantuan dan pengikut.

Manajemen Waktu

Pengertian Manajemen Waktu  Manajemen waktu adalah perencanaan, proses atau tindakan yang telah ditentukan secara sadar untuk melakukan suatu kegiatan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan sumber daya secara efektif, efisien dan produktif. Manajemen Waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas terhadap waktu. Berikut definisi dan pengertian manajemen waktu dari beberapa sumber buku: Menurut Atkinson (1994), manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seseorang yang dilakukan secara terencana agar individu dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya. Menurut Haynes (1994), manajemen waktu adalah suatu proses pribadi dengan memanfaatkan analisis dan perencanaan dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.  Menurut Forsyth (2009), manajemen waktu adalah cara bagaimana membuat waktu menjadi terkendali sehingga menjamin te...

Keterikatan Karyawan (Employee Engagement)

Pengertian Employee Engagement  Employee Engagement Employee engagement atau keterikatan karyawan adalah suatu kondisi, sikap atau perilaku positif seorang karyawan terhadap pekerjaan dan organisasinya yang ditandai dengan perasaan semangat (vigor), dedikasi (dedication) dan keasyikan (absorption) untuk tercapainya tujuan dan keberhasilan organisasi. Seorang karyawan yang memiliki tingkat keterikatan (engagement) yang tinggi pada organisasi memiliki pemahaman dan kepedulian terhadap lingkungan operasional organisasi, antusias dalam bekerja, mampu bekerja sama dengan karyawan lain, berbicara positif mengenai organisasi dan berbuat melebihi harapan organisasi. Istilah employee engagement pertama kali diperkenalkan oleh William Khan pada tahun 1990, yang menyatakan bahwa engagement merupakan pemanfaatan diri anggota suatu organisasi untuk peran pekerjaan mereka dengan menggunakan dan mengekspresikan diri, baik secara fisik, kognitif dan emosional selama menjalank...