PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PADA TIP TOP SUPERMARKET CIPUTAT
THE EFFECT OF PRODUCT AND PRICE TO CUSTOMER SATISFACTION
AND LOYALTY IMPACT IN TIP TOP SUPERMARKET CIPUTAT
PENGARUH PRODUK DAN
HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PADA TIP TOP SUPERMARKET
CIPUTAT
Oleh:
Putri Nilam Kencana dan Wiyanto
Program Pascasarjana, Magister Manajemen,
Universitas Pamulang
ABSTRACT
This research was intended to examine the
effect of product and price to the customer satisfaction and loyalty impact in
TIP TOP Supermarket Ciputat. Customer satisfaction is a result from several
factors which has been considered by the customer before doing purchase.
Customer satisfaction will has an impact that is loyalty. To determine the
customer satisfaction impact on customer loyalty so we did a research about
product and price. This research was conducted by using quantitative
descriptive method. The population in this research is the customer who make a
purchase at TIP TOP Supermarket Ciputat on August 2016. The sample in this
research is 143 respondents. The sampling technique in this research conducted
by sampling techniques. Types of data are primary data and secondary data.
Methods of data collection using the questionnaire. The analysis technique used
is simple regression test and multiple regression test. Results of this
research can be summarized as follows: (1) From the t-test showed that the
product variable has a significant influence on customer satisfaction because tcount
greater than ttable 11,871 > 1,977. (2) From the t-test showed that
the price variable has a significant influence on customer satisfaction because
tcount greater than ttable 9,526 > 1,977. (3) From the
F-test showed that the product and price variable has a significant influence
on customer satisfaction because Fcount greater than Ftable
98,907 > 3,06. (4) From the t-test showed that the customer satisfaction
variable has a significant influence on loyalty because tcount
greater than ttable 6,675 > 1,977. Result of this research stated
that the product and the price take effect on customer satisfaction and
customer satisfaction also affect loyalty, so that it can be concluded that the
product and price has a positive and significant impact on customer
satisfaction and customer satisfaction has a positive and significant impact on
loyalty.
Keywords: Product, Price, Customer Satisfaction, Loyalty.
ABSTRAK
Penelitian dimaksudkan untuk menguji pengaruh
produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas
pada TIP TOP Supermarket Ciputat. Kepuasan pelanggan merupakan hasil dari beberapa
faktor yang telah dipertimbangkan oleh pelanggan sebelum melakukan pembelian,
kepuasan pelanggan akan memberikan dampak yaitu loyalitas. Untuk menentukan
kepuasan pelanggan yang berdampak pada loyalitas maka dilakukan penelitian
mengenai produk dan harga. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode
kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang
berbelanja di TIP TOP Supermarket Ciputat pada bulan Agustus 2016. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 143 responden. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling. Jenis datanya adalah data
primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik
analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi
berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Dari uji-t
dapat diketahui bahwa variabel produk mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap kepuasan pelanggan karena nilai thitung lebih besar dari ttabel
yaitu 11,871 > 1,977. (2) Dari uji-t dapat diketahui bahwa variabel harga
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena nilai thitung
lebih besar dari ttabel yaitu 9,526 > 1,977. (3) Dari uji-F
hitung dapat diketahui bahwa variabel produk dan harga mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena nilai Fhitung lebih
besar dari Ftabel yaitu 98,907 > 3,06. (4) Dari uji-t dapat
diketahui bahwa variabel kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh signifikan
terhadap loyalitas karena nilai thitung lebih besar dari ttabel
yaitu 6,675 > 1,977. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk dan harga
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan juga berpengaruh
terhadap loyalitas, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk dan harga mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta kepuasan
pelanggan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas.
Kata
Kunci: Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan,
Loyalitas.
Komentar
Posting Komentar