ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN BERBASIS STRATEGI UNTUK MEWUJUDKAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi Kasus Pada SMK YPUI Parung)
PROCEDING
KONFERENSI NASIONAL RISET
MANAJEMEN X
(AKSELERASI
DAYA SAING MENUJU KEUNGGULAN ORGANISASI YANG BERKELANJUTAN)
20-22 September 2016 (Lombok
NTB-Indonesia)
ISSN: 2086-0390
ISSN: 2086-0390
_________________
Full Papaer Download Di Sini
ANALYSIS
OF KNOWLEDGE MANAGEMENT AND KNOWLEDGE BASED-STRATEGY IMPLEMENTATION TO CREATE A
SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGES (Study
in YPUI Parung Vocational School)
ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN
PENGETAHUAN BERBASIS STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING
BERKELANJUTAN (Studi Kasus Pada SMK YPUI Parung)
1Wiyanto 2Umi Rusilowati 3Hadi Supratikta
¹
wytcedu07@gmail.com
²
umi_rusilowati@yahoo.com
³
supratikta@gmail.com
Program
Pascasarjana, Magister Manajemen, Universitas Pamulang
ABSTRACT
The aim of this
study was to determine and analysis implementation of knowledge management and
knowledge based-strategy to create sustainable competitive advantages as well
as strategies to overcome the obstacles in their applicapility. In this
research used mixed methode squential/gradual (squential mixed methods) mainly
exploratory squential method. At the step collecting and analyzing qualitatif
data to answer the problem formulation. To complete qualitatif data used in the
second step of quantitatif data. The knowledge management and knowledge
based-strategy has been implemented in YPUI Parung Vocational School. Based on
the diagnostic result knowledge management implementation perception in YPUI
Vocational School was measured using seven (7) dimention, the are knowledge
creation, knowledge storage, knowledge sharing, knowledge update, leadership,
technology dan culture show good results. While the
knowledge based-strategy implementation also good results. The combination of
the knowledge, capabilities and resource that are combined with a business
strategy that is owned generating performance YPUI Parung Vocational School
better than its competitors even able to create a sustainable competitive
advantage. A model of sustainable competitive advantages YPUI Parung Vocational
School as the outcome of this research.
Keyword:
Knowledge management, knowledge-based strategy, competitive advantages,
vocational school
ABSTRAK
Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara deskriptif
penerapan manajemen pengetahuan dan pengetahuan berbasis strategi untuk menciptakan
keunggulan bersaing berkelanjutan serta strategi-strategi untuk mengatasi
kendala dalam penerapanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode campuran sekuensial/bertahap terutama metode eksploratori sekuensial.
Dalam tahap pertama mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif dalam
menjawab rumusan masalah. Untuk melengkapi data kualitatif pada tahap kedua
digunakan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
manajemen pengetahuan di SMK YPUI Parung yang diukur dengan menggunakan 7
(tujuh) dimensi pengukuran yaitu mencipta pengetahuan, menyimpan
pengetahuan, berbagi pengetahuan, memperbaharui pengetahuan, kepemimpinan,
teknologi, dan budaya diklasifikasikan baik. Penerapan pengetahuan berbasis
strategi juga diklasifikasikan baik. Perpaduan antara pengetahuan yang
dimiliki, kapabilitas dan Sumber daya yang ada digabungkan dengan strategi
bisnis yang dimiliki menghasilkan performa SMK YPUI Parung lebih bagus
dibandingkan kompetitornya bahkan mampu menciptakan keunggulan bersaing
berkelanjutan. Sebuah model keunggulan bersaing berkelanjutan SMK YPUI Parung
sebagai hasil penelitian ini.
Kata Kunci: Manajemen pengetahuan, pengetahuan berbasis strategi, keunggulan
bersaing, sekolah menengah kejuruan
Full Papaer Download Di Sini
Komentar
Posting Komentar