Langsung ke konten utama

ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN BERBASIS STRATEGI UNTUK MEWUJUDKAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi Kasus Pada SMK YPUI Parung)


PROCEDING
KONFERENSI NASIONAL RISET MANAJEMEN X
(AKSELERASI DAYA SAING MENUJU KEUNGGULAN ORGANISASI YANG BERKELANJUTAN)
20-22 September 2016 (Lombok NTB-Indonesia)
ISSN: 2086-0390
_________________
Full Papaer Download Di Sini



ANALYSIS OF KNOWLEDGE MANAGEMENT AND KNOWLEDGE BASED-STRATEGY IMPLEMENTATION TO CREATE A SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGES (Study in YPUI Parung Vocational School)


ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN BERBASIS STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi Kasus Pada SMK YPUI Parung)
1Wiyanto 2Umi Rusilowati 3Hadi Supratikta
¹ wytcedu07@gmail.com
² umi_rusilowati@yahoo.com
³ supratikta@gmail.com
Program Pascasarjana, Magister Manajemen, Universitas Pamulang

ABSTRACT
The aim of this study was to determine and analysis implementation of knowledge management and knowledge based-strategy to create sustainable competitive advantages as well as strategies to overcome the obstacles in their applicapility. In this research used mixed methode squential/gradual (squential mixed methods) mainly exploratory squential method. At the step collecting and analyzing qualitatif data to answer the problem formulation. To complete qualitatif data used in the second step of quantitatif data. The knowledge management and knowledge based-strategy has been implemented in YPUI Parung Vocational School. Based on the diagnostic result knowledge management implementation perception in YPUI Vocational School was measured using seven (7) dimention, the are knowledge creation, knowledge storage, knowledge sharing, knowledge update, leadership, technology dan culture show good results. While the knowledge based-strategy implementation also good results. The combination of the knowledge, capabilities and resource that are combined with a business strategy that is owned generating performance YPUI Parung Vocational School better than its competitors even able to create a sustainable competitive advantage. A model of sustainable competitive advantages YPUI Parung Vocational School as the outcome of this research.
Keyword: Knowledge management, knowledge-based strategy, competitive advantages, vocational school


ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara deskriptif penerapan manajemen pengetahuan dan pengetahuan berbasis strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan serta strategi-strategi untuk mengatasi kendala dalam penerapanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran sekuensial/bertahap terutama metode eksploratori sekuensial. Dalam tahap pertama mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif dalam menjawab rumusan masalah. Untuk melengkapi data kualitatif pada tahap kedua digunakan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan di SMK YPUI Parung yang diukur dengan menggunakan 7 (tujuh) dimensi pengukuran yaitu mencipta pengetahuan, menyimpan pengetahuan, berbagi pengetahuan, memperbaharui pengetahuan, kepemimpinan, teknologi, dan budaya diklasifikasikan baik. Penerapan pengetahuan berbasis strategi juga diklasifikasikan baik. Perpaduan antara pengetahuan yang dimiliki, kapabilitas dan Sumber daya yang ada digabungkan dengan strategi bisnis yang dimiliki menghasilkan performa SMK YPUI Parung lebih bagus dibandingkan kompetitornya bahkan mampu menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan. Sebuah model keunggulan bersaing berkelanjutan SMK YPUI Parung sebagai hasil penelitian ini.
Kata Kunci: Manajemen pengetahuan, pengetahuan berbasis strategi, keunggulan bersaing, sekolah menengah kejuruan

Full Papaer Download Di Sini



Komentar

Postingan populer dari blog ini

FILSAFAT MANAJEMEN

FILSAFAT MANAJEMEN Pengertian Filsafat Manajemen Filsafat Manajemen adalah bagian yang paling penting dari pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar yang luas untuk menetapkan pemecahan permasalahan manajerial. Filsafat manajemen memberikan dasar bagi pekerjaan seorang manajer. Seorang manajer memerlukan kepercayaan dan nilai pokok untuk memberi petunjuk yang sesuai dan dapat dipercaya guna menyelesaikan pekerjaan. Filsafat manajemen juga memberikan desain sehingga seorang manajer dapat mulai berpikir. Filsafat manajemen sangat berguna karena dapat dimanfaatkan untuk memperoleh bantuan dan pengikut.

SOAL DAN JAWABAN LATIHAN SOAL PERTEMUAN 12

bapak/Ibu berikut jawaban latihan soal pertemuan ke-12. Mohon dibaca dan dicermati  terimakasih. Latihan soal 1: PILIHAN GANDA Yang tidak merupakan pertimbangan langsung bila mempertimbangkan keputusan untuk terjun ke dunia internasional adalah... a.     Permintaan internasional b.     Nilai tukar c.     Iklim bisnis luarnegeri d.     Kemudahan modifikasi produk e.     Ketersediaan pengetahuan dan keahlian Silahkan saudara jawab disertai dengan alasanya! Jawab: (B) nilai tukar. Ketika memutuskan untuk “go internasional atau tidak, perusahaan harus mempertimbangkan banyak hal.

Manajemen Waktu

Pengertian Manajemen Waktu  Manajemen waktu adalah perencanaan, proses atau tindakan yang telah ditentukan secara sadar untuk melakukan suatu kegiatan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan sumber daya secara efektif, efisien dan produktif. Manajemen Waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas terhadap waktu. Berikut definisi dan pengertian manajemen waktu dari beberapa sumber buku: Menurut Atkinson (1994), manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seseorang yang dilakukan secara terencana agar individu dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya. Menurut Haynes (1994), manajemen waktu adalah suatu proses pribadi dengan memanfaatkan analisis dan perencanaan dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.  Menurut Forsyth (2009), manajemen waktu adalah cara bagaimana membuat waktu menjadi terkendali sehingga menjamin terciptanya