Langsung ke konten utama

Urgensi Deskripsi Pekerjaan

Setiap pencari kerja pasti sangat akrab dengan istilah uraian pekerjaan atau deskripsi kerja dari setiap perusahaan yang ingin dilamar. Apa yang kamu ketahui terkait hal tersebut? Dalam melindungi bisnis sekaligus karyawan sebuah perusahaan, deskripsi tertulis dalam sebuah uraian pekerjaan menjadi jadi sangat penting.
Hal ini sangat terasa saat calon karyawan akan memulai wawancara pekerjaan. Namun, bagaimana cara mengetahui bentuk deskripsi pekerjaan dengan baik dan benar? Berikut adalah beberapa hal yang menjelaskan pentingnya deskripsi pekerjaan tertulis.

Deskripsi pekerjaan yang baik, berfungsi mencangkup berbagai hal yakni;

  • Sebagai panduan referensi yang berfungsi untuk menetukan gaji yang sebanding dan sesuai dengan jenis industri perusahaan.
  • Pengalokasi uang secara maksimal seperti kompensasi karyawan untuk tiap posisi harus mendeskripsikan pengalaman yang pernah diperoleh. Dalam hal ini harus dirinci serta disesuaikan dengan calon karyawan.
  • Dasar untuk mengembangkan pertanyaan wawancara. Perincian informasi tentang posisi yang dapat dimasukkan ke dalam iklan “bantuan yang diinginkan” seperti di sebuah media cetak atau elektronik.
  • Mencegah karyawan untuk menolak melakukan sesuatu karena merasa bukan tanggungjawab mereka.
  • Memberikan dasar untuk ulasan karyawan, kenaikan gaji, menetapkan tujuan, dan jalur pertumbuhan.
  • Berfungsi sebagai dokumentasi hukum yang dapat berguna jika karyawan mengajukan gugatan pemutusan hubungan kerja atau diskriminasi terhadap perusahaan.
Perlu diketahui, sebuah uraian pekerjaan harus menjelaskan secara rinci yakni memperjelas posisi, jabatan, serta pangkat, atau level (jika ada). Kemudian, untuk perkiraan gaji harus jelas. Dalam hal ini menyangkut daftar gaji awal, kisaran menengah, dan gaji tinggi (maksimum) untuk posisi tertentu.
Kita juga harus memasukkan informasi tentang bagaimana karyawan dapat memenuhi syarat untuk kompensasi tambahan (misalnya; komisi penjualan, bonus kinerja, kenaikan gaji tahunan, dll.).

Pernyataan Maksud dan Tujuan

Secara umum, pernyataan yang merangkum dalam tiga atau empat kalimat, maksud atau tujuan dari posisi tersebut juga harus terperinci. Deskripsi pekerjaan seperti daftar rinci tugas atau tugas yang khusus harus sesuai dengan urutan kepentingannya.
Kita mencontohkan bahwa tugas paling penting akan muncul di bagian atas daftar. Daftar tersebut harus mencakup setiap kegiatan yang akan memakan waktu 5% atau lebih dari waktu karyawan. Hal ini juga termasuk pertanggungjawaban yang mungkin dimiliki karyawan untuk memenuhi tujuan tertentu.

Deskripsi Struktur Pelaporan

Pada bagian ini, setiap perusahaan perlu memberikan deskripsi terperinci tentang setiap dan semua peran yang akan dipegang karyawan. Hal ini disebabkan peran pegawas harus diambil alih perusahaan agar hubungan setiap karyawan jelas posisinya.
Peran pengawasan tersebut wajib mengetahui siapa karyawan yang menjadi bawahan secara langsung dan tidak langsung. Jika karyawan tersebut ingin bekerja dengan karyawan atau departemen lain, sertakan informasi itu juga agar transparan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FILSAFAT MANAJEMEN

FILSAFAT MANAJEMEN Pengertian Filsafat Manajemen Filsafat Manajemen adalah bagian yang paling penting dari pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar yang luas untuk menetapkan pemecahan permasalahan manajerial. Filsafat manajemen memberikan dasar bagi pekerjaan seorang manajer. Seorang manajer memerlukan kepercayaan dan nilai pokok untuk memberi petunjuk yang sesuai dan dapat dipercaya guna menyelesaikan pekerjaan. Filsafat manajemen juga memberikan desain sehingga seorang manajer dapat mulai berpikir. Filsafat manajemen sangat berguna karena dapat dimanfaatkan untuk memperoleh bantuan dan pengikut.

SOAL DAN JAWABAN LATIHAN SOAL PERTEMUAN 12

bapak/Ibu berikut jawaban latihan soal pertemuan ke-12. Mohon dibaca dan dicermati  terimakasih. Latihan soal 1: PILIHAN GANDA Yang tidak merupakan pertimbangan langsung bila mempertimbangkan keputusan untuk terjun ke dunia internasional adalah... a.     Permintaan internasional b.     Nilai tukar c.     Iklim bisnis luarnegeri d.     Kemudahan modifikasi produk e.     Ketersediaan pengetahuan dan keahlian Silahkan saudara jawab disertai dengan alasanya! Jawab: (B) nilai tukar. Ketika memutuskan untuk “go internasional atau tidak, perusahaan harus mempertimbangkan banyak hal.

Manajemen Waktu

Pengertian Manajemen Waktu  Manajemen waktu adalah perencanaan, proses atau tindakan yang telah ditentukan secara sadar untuk melakukan suatu kegiatan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan sumber daya secara efektif, efisien dan produktif. Manajemen Waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas terhadap waktu. Berikut definisi dan pengertian manajemen waktu dari beberapa sumber buku: Menurut Atkinson (1994), manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seseorang yang dilakukan secara terencana agar individu dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya. Menurut Haynes (1994), manajemen waktu adalah suatu proses pribadi dengan memanfaatkan analisis dan perencanaan dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.  Menurut Forsyth (2009), manajemen waktu adalah cara bagaimana membuat waktu menjadi terkendali sehingga menjamin terciptanya